
MEMBUAT CONTOH PANDUAN OBSERVASI, WAWANCARA, SKALA SIKAP, LEMBAR PORTOFOLIO
A.
PANDUAN OBSERVASI
Observasi
dilakukan secara langsung oleh guru dengan memperhatikan perilaku siswa saat
proses pembelajaran di kelas.
1.
Lembar Observasi
No
|
Nama siswa
|
Aspek
penilaian
|
Skor total
|
||||
Kedisiplinan
(1)
|
Ketekunan
(2)
|
Keaktifan
(3)
|
Kesopanan
(4)
|
Tingkat
perhatian (5)
|
|||
1
|
ADI
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
18
|
2
|
BAGUS
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
18
|
3
|
DIKKY
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
19
|
4
|
LIA
|
4
|
4
|
2
|
4
|
3
|
17
|
5
|
UMAM
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
18
|
6
|
HALIM
|
4
|
2
|
2
|
4
|
3
|
15
|
7
|
NENI
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
18
|
8
|
ASHOF
|
4
|
3
|
2
|
2
|
4
|
15
|
9
|
YUNITA
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
18
|
10
|
YUSUF
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
18
|
2.
Pedoman
Penskoran
Aspek No
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor maksimal
|
(1)
|
a.
Jika siswa
sangat disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa
disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa
kurang disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa
tidak disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
(2)
|
a.
Jika siswa
sangat tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa
tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa
kurang tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa
tidak tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
(3)
|
a.
Jika siswa
sangat aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa
aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa
kurang aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa
tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
(4)
|
a.
Jika siswa
sangat sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa
sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa
kurang sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa
tidak sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
(5)
|
a.
Jika siswa
sangat memperhatikandalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa
memperhatikandalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa
kurang memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa
tidak memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
Jumlah Skor Total
|
20
|
Nilai = jumlah skor total x
B.
WAWANCARA
Wawancara dilakukan secara langsung oleh
guru dengan melakukan wawancara langsung terhadap siswa yang bersangkutan tanpa
melalu perantara.
1.
Lembar Wawancara
Nama Siswa :
NIS / Kelas :
No
|
Pertanyaan / Aspek
Wawancara
|
Ringkasan Jawaban
|
Skor
|
Skor total
|
1
|
Apakah anda selalu melaksanakan sholat lima waktu?
|
|
|
|
2
|
Apakah anda melakukan sholat secara berjamaah?
|
|
|
|
3
|
Dalam mengerjakan sholat apakah anda meninggalkan syarat
wajib sah sholat?
|
|
|
|
4
|
Apakah anda mengetahui dasar hukum melaksanakan sholat?
|
|
|
|
5
|
Apakah anda mengatahui hal-hal yang dapat membatalkan
sholat?
|
|
|
2.
Pedoman
Penskoran
No Soal
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor maksimal
|
1 – 5
|
1) Jika siswa memberikan
jawaban yang sangat logis, dengan alasan yang baik dan benar, serta mudah
dipahami maka skor 4
2) Jika siswa memberikan
jawaban yang logis, dengan alasan yang baik dan mudah dipahami, maka skor 3
3) Jika siswa memberikan
jawaban yang kurang logis, dengan alasan yang baik, tapi kurang dapat
dipahami, maka skor 2
4) Jika siswa memberikan
jawaban yang tidak logis, dengan alasan yang kurnag tepat dan tidak mudah
dipahami, maka skor 1
|
4
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 25 = 100
|
Nilai = Jumlah total skor x 25
C.
SKALA SIKAP
1.
Perangkat penilaian sikap
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku
kalian!
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
SL
|
S
|
K
|
TP
|
||
1
|
Saya merasa senang ketika melakukan sholat
|
|
V
|
|
|
2
|
Saya merasakan ketenangan hati ketika melaksanakan sholat
|
|
V
|
|
|
3
|
Saya selalu sholat lima waktu
|
V
|
|
|
|
4
|
Saya melaksanakan sholat dengan rukun sholat yang urut
|
V
|
|
|
|
5
|
Saya melaksanakan sunnah-sunnah sholat
|
|
V
|
|
|
6
|
Saya selalu
berdoa setelah mengerjakan sholat
|
|
|
V
|
|
7
|
Saya selalu
tepat waktu dalam melakaukan sholat
|
|
V
|
|
|
8
|
Saya melakukan
hal-hal yang membatalakan sholat
|
|
V
|
|
|
9
|
Saya sholat
dengan tumakninah dalam mengarjakan sholat
|
|
V
|
|
|
10
|
Saya melaksanakan
sholat secara berjamaah
|
V
|
|
|
|
Keterangan:
SL = Selalu K =
Kadang
S = Sering TP =
Tidak Pernah
2. PedomanPenskoran
No Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
1 – 10
|
5) Jika siswa memilih SL,
maka skor 4
6) Jika siswa memilih S,
maka skor 3
7) Jika siswa memilih K,
maka skor 2
8) Jika siswa memilih TP,
maka skor 1
|
4
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 10 = 40
|
Nilai = 

D.
PORTOFOLIO
1.
Lembar
Portofolio berupa tes mandiri siswa
Setelah
mempelajari uraian mengenai Memahami waktu-waktu shalat lima
waktu coba kamu amati perilaku-perilaku dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan hal tersebut. Serta
berikan tanggapan/ komentarmu tentang perilaku yang kamu amati. Kemudian
tulis hasil pengamatan dan komentarmu dalam lembar kerja berikut ini!
No
|
Perilaku yang
diamati
|
Tanggapan / Komentar
|
1
|
Waktu sholat
|
|
2
|
Hukum, Syarat, sunnah dalam sholat
|
|
3
|
Sholat berjamaah
|
|
4
|
Hal-hal yang membatalkan sholat
|
|
Tugas
dikumpulkan paling lambat tanggal …..
2.
Pedoman
Penskoran
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
1
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap sikap,
disertai dengan tanggapan/ komentar yang jelas
|
91 – 100
|
2
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang kurang jelas
|
81 – 90
|
3
|
Jika siswa dapat mengumpulkan
tugas tepat waktu, memberikan minimal 2 contoh pada setiap sikap, disertai
dengan tanggapan/ komentar
|
71 – 80
|
4
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
|
65 – 70
|
5
|
Jika siswa mengumpulkan
tugas terlambat/ kurang tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
|
< 65
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3.2 Memahami ketentuan shalat
lima waktu.
|
3.2.1
Siswa
mampu menghayati sholat lima waktu
3.2.2
Siwa
mampu menghayati hikmah sholat lima waktu
3.2.3
Siswa
mampu hikmah sholat lima waktu dengan displin.
3.2.4
Siswa mampu menghayati dasar hukum sholat.
3.2.5
Siswa
mampu menghayati isi dalil tentang
sholat.
3.2.6
Siswa
mampu menghayati apa itu sunnah-sunnah salat.
3.2.7
Siswa
mampu menghayati syarat-syarat sah sholat.
3.2.8
Siswa
mampu menghayati rukun-rukun salat.
3.2.9
Siswa
mampu menghayati tata cara sholat.
3.2.10
Siswa mampu menghayati dan mengetahui
hal-hal yang membatalkan salat
|
TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
MEMBUAT
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DARI KI 1 DAN KI 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar