Jumat, 05 Agustus 2016

CONTOH PANDUAN OBSERVASI, WAWANCARA, SKALA SIKAP, LEMBAR PORTOFOLIO



Text Box: Nama  : MUHAMMAD DIKKY SYAMDODO
NIM  : 133111373
TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
MEMBUAT CONTOH PANDUAN OBSERVASI, WAWANCARA, SKALA SIKAP, LEMBAR PORTOFOLIO

A.    PANDUAN OBSERVASI
Observasi dilakukan secara langsung oleh guru dengan memperhatikan perilaku siswa saat proses pembelajaran di kelas.
1.      Lembar Observasi
No
Nama siswa
Aspek penilaian
Skor total
Kedisiplinan
(1)
Ketekunan
(2)
Keaktifan
(3)
Kesopanan
(4)
Tingkat perhatian (5)
1
ADI
3
4
4
3
4
18
2
BAGUS
4
4
4
3
3
18
3
DIKKY
4
4
4
3
4
19
4
LIA
4
4
2
4
3
17
5
UMAM
4
3
4
3
4
18
6
HALIM
4
2
2
4
3
15
7
NENI
4
2
4
4
4
18
8
ASHOF
4
3
2
2
4
15
9
YUNITA
4
4
3
3
4
18
10
YUSUF
3
4
3
4
4
18

2.      Pedoman Penskoran
Aspek No
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
(1)
a.       Jika siswa sangat disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(2)
a.       Jika siswa sangat tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(3)
a.       Jika siswa sangat aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(4)
a.       Jika siswa sangat sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(5)
a.       Jika siswa sangat memperhatikandalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa memperhatikandalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
Jumlah Skor Total
20
Nilai = jumlah skor total x

B.     WAWANCARA
Wawancara dilakukan secara langsung oleh guru dengan melakukan wawancara langsung terhadap siswa yang bersangkutan tanpa melalu perantara.
1.      Lembar Wawancara
Nama Siswa        :
NIS / Kelas          :
No
Pertanyaan / Aspek Wawancara
Ringkasan Jawaban
Skor
Skor total
1
Apakah anda selalu melaksanakan sholat lima waktu?



2
Apakah anda melakukan sholat secara berjamaah?


3
Dalam mengerjakan sholat apakah anda meninggalkan syarat wajib sah sholat?


4
Apakah anda mengetahui dasar hukum melaksanakan sholat?


5
Apakah anda mengatahui hal-hal yang dapat membatalkan sholat?


2.      Pedoman Penskoran
No Soal
                                Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 5
1)      Jika siswa memberikan jawaban yang sangat logis, dengan alasan yang baik dan benar, serta mudah dipahami maka skor 4
2)      Jika siswa memberikan jawaban yang logis, dengan alasan yang baik dan mudah dipahami, maka skor 3
3)      Jika siswa memberikan jawaban yang kurang logis, dengan alasan yang baik, tapi kurang dapat dipahami, maka skor 2
4)      Jika siswa memberikan jawaban yang tidak logis, dengan alasan yang kurnag tepat dan tidak mudah dipahami, maka skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 25 = 100
Nilai = Jumlah total skor x 25

C.    SKALA SIKAP
1.      Perangkat penilaian sikap
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No
Pernyataan
Jawaban
SL
S
K
TP
1
Saya merasa senang ketika melakukan sholat

V


2
Saya merasakan ketenangan hati ketika melaksanakan sholat

V


3
Saya selalu sholat lima waktu
V



4
Saya melaksanakan sholat dengan rukun sholat yang urut
V



5
Saya melaksanakan sunnah-sunnah sholat

V


6
Saya selalu berdoa setelah mengerjakan sholat


V

7
Saya selalu tepat waktu dalam melakaukan sholat

V


8
Saya melakukan hal-hal yang membatalakan sholat

V


9
Saya sholat dengan tumakninah dalam mengarjakan sholat

V


10
Saya melaksanakan sholat secara berjamaah
V



Keterangan:
SL = Selalu                       K         = Kadang
S    = Sering                       TP        = Tidak Pernah
2.      PedomanPenskoran
No Soal
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 10
5)      Jika siswa memilih SL, maka skor 4
6)      Jika siswa memilih S, maka skor 3
7)      Jika siswa memilih K, maka skor 2
8)      Jika siswa memilih TP, maka skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 10 = 40

                       Nilai = 
D.    PORTOFOLIO
1.      Lembar Portofolio berupa tes mandiri siswa
Setelah mempelajari uraian mengenai Memahami waktu-waktu shalat  lima waktu coba kamu amati perilaku-perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan hal tersebut. Serta  berikan tanggapan/ komentarmu tentang perilaku yang kamu amati. Kemudian tulis hasil pengamatan dan komentarmu dalam lembar kerja berikut ini!

No
Perilaku yang diamati
Tanggapan / Komentar
1
Waktu sholat

2
Hukum, Syarat, sunnah dalam sholat

3
Sholat berjamaah

4
Hal-hal yang membatalkan sholat

Tugas dikumpulkan paling lambat tanggal …..
2.      Pedoman Penskoran
No
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang jelas
91 – 100
2
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang kurang jelas
81 – 90
3
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 2 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
71 – 80
4
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
65 – 70
5
Jika siswa mengumpulkan tugas terlambat/ kurang tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
< 65



















Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.2 Memahami ketentuan shalat
lima waktu.


3.2.1        Siswa mampu menghayati sholat lima waktu
3.2.2        Siwa mampu menghayati hikmah sholat lima waktu
3.2.3        Siswa mampu hikmah sholat lima waktu dengan displin.
3.2.4         Siswa mampu menghayati dasar hukum sholat.
3.2.5        Siswa mampu menghayati  isi dalil tentang sholat.
3.2.6        Siswa mampu menghayati apa itu sunnah-sunnah salat.
3.2.7        Siswa mampu menghayati syarat-syarat sah sholat.
3.2.8        Siswa mampu menghayati rukun-rukun salat.
3.2.9        Siswa mampu menghayati tata cara sholat.
3.2.10    Siswa mampu menghayati dan mengetahui hal-hal yang membatalkan salat
TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
MEMBUAT KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DARI KI 1 DAN KI 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar