MATERI SHOLAT JUM’AT DAN KHUTBAH JUM’AT
A. DOMAIN KOGNITIF
1. Pengetahuan
-
Hukum sholat jum’at bagi laki-laki ialah...
-
Hukum
melaksanakan Sholat Jum’at bagi wanita ialah...
-
Menutup
aurat termasuk……khutbah sholat Jum’at.
-
Berikut
ini yang tidak termasuk sunah Sholat Jum’at ialah…
-
Hal
yang termasuk uzur/halangan untuk menghadiri sholat Jum’at ialah..
2. Pemahaman
-
Jelaskan
syarat dan rukun khutbah Jum’at!
-
Jelaskan
syarat khatib dan sunnah khutbah Jum’at!
-
Jelaskan
nilai-nilai yang terkandung dalam salat Jum’at!
3. Aplikasi
-
Bagaimana tata cara pelaksanaan Sholat Jum’at?
-
Bagaimana tata cara pelaksanaan khutbah Jum’at?
4. Analisis
-
Apakah perbedaan syarat dan rukun Khutbah Jum’at? Jelaskan!
-
Jika ada anak yang belum baligh, tetapi telah
melaksanakan ibadah haji, maka bagaimana hukum hajinya? Sah atau tidak, jelaskan
pendapatmu!
5. Sintesis
-
Apa saja keutamaan melaksanakan Sholat Jum’at? Jelaskan!
6. Evaluasi
-
Ali
sudah baligh, akan tetapi ia tidak melaksanakan ibadah sholat Jum’at, bagaimana pendapatmu?
B. DOMAIN AFEKTIF
1. Penerimaan
-
Bagaimana pendapatmu ketika ada seorang
temanmu yang sholat Jum’at akan tetapi tidak mengikuti khutbah Jum’at?
2. Respons
-
Pak Ali baru saja melakasanakan sholat Jum’at,
pada saat kutbah Jum’at dimulai Pak Ali malah ngobrol dengan temannya, bagaimana pendapatmu?
3. Penilaian
-
Hikmah apa saja yang dapat kita peroleh ketika
mengikuti
khutbah jum’at? Jelaskan pendapatmu!
4. Organisasi
-
Jika ditinjau dari miqat makani, bolehkah kita
sebagai warga negara Indonesia yang sedang melaksanakan ibadah haji melakukan
ihram untuk berhaji dari Dzul Hulaifah? Sertakan alasan yang jelas.
5. Karakterisasi
-
Menurut pendapatmu, sikap apa saja yang
seharusnya dilakukan ketika kita sedang mengikuti khutbah sidang Jum’at?
C. DOMAIN PSIKOMOTORIK
1. Persepsi
-
Apa pendapatmu ketika ada seseorang yang mengikuti
sidang khutbah Jum’at tetapi belum berwudhu?
2. Kesiapan melakukan suatu pekerjaan
-
Siswa diminta bekerja secara kelompok untuk mempraktekkan
khotbah Jum’at.
3. Respons terbimbing
-
Siswa diminta untuk mempraktikkan tata cara khutbah
Jum’at.
4. Kemahiran
-
Siswa diminta untuk melafadzkan bacaan
muqodimah pada khutbah Jum’at dengan baik dan benar.
5. Adaptasi
-
Siswa mampu menunjukkan kepekaan sosial
terhadap teman dan lingkungan sekitar dengan senantiasa menolong terhadap yang
membutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar