Jumat, 05 Agustus 2016

TUGAS AKHIR ANALISIS RASIONAL DAN EMPIRIS



A.    ANALISIS SOAL (RASIONAL)
Analisis soal dilakukan dengan cara rasional, maksudnya yaitu soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, dan  bahasa. Berikut ini adalah uraian analisis soal di atas:
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Apa pengertian sholat itu? Jelaskan secara singkat.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
1
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

2.      Perhatikan ayat di bawah ini!
 #qßJŠÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# ÇÍÌÈ
           Jelaskan maksud dari arti ayat diatas!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
2
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V



3.      Tuliskan Dasar hukum diwajibkannya shalat yang terdapat dalam firman Allah…
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
3
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

4.Sebutkan Sebutkan hal-hal yang termaksud sunah hai`at!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
4
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

5.      Sebutkan sunah-sunah dalam sholat!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
5
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


  1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

  1. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

  1. Ada pedoman penskoran
V

  1. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

6.       Sebutkan syarat wajib sholat!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
6
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

7.      Sebutkan rukun-rukun dalam sholat!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
7
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

8.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan I'tidal dengan thuma'ninah dalam rukun sholat!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
8
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

9.      Sebutkan hal-hal apa yang membatalkan sholat!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
9
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V


10.  Buatlah cerita singkat tentang perkara yang membatalkan sholat. Jelaskan dan beri alasan!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
10
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
V

C.    KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V




B.     ANALISIS SOAL(EMPIRIS)
Analisis soal yang kedua dilakukan dengan cara empiris, yang dilakukan disini adalah dengan menghitung daya beda dan tingkat kesukaran soal. Untuk menghitung daya beda dan tingkat kesukaran soal di atas, kita memerlukan hasil penilaian dari soal yang telah diujikan kepada siswa. Berikut ini adalah hasil penilaian yang diperoleh siswa kelas VII MTS NEGERI 2 SROYO:
No
Nama Siswa
Butir Soal
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Adi
4
4
5
3
5
5
4
5
4
3
42
2
Ahmad
5
5
5
4
5
5
5
5
5
5
49
3
Aziz
5
4
4
4
4
4
3
4
5
4
39
4
Eka
4
5
3
4
4
5
4
5
4
4
42
5
Endah
5
5
4
5
3
5
4
5
5
5
46
6
Maya
5
5
4
4
5
4
5
4
3
4
43
7
Nabila
4
5
5
3
4
4
4
5
4
3
41
8
Risky
5
4
5
5
5
4
5
3
5
5
46
9
Taufik
4
3
4
4
5
5
4
5
4
4
42
10
Zayyan
4
5
5
5
4
5
5
4
4
3
44
Rentang skor tiap soal      = 1-5
Skor maksimaltiap soal    = 5
Skor minimal tiap soal      = 1
  1. Analisis Soal Berdasarkan Daya Beda
Berdasarkan tabel penilaian di atas, maka dapat kita peroleh data untuk menghitung mean kelompok atas dan mean kelompok bawah untuk selanjutnya menghitung daya beda untuk masing-masing soal.
Mean kelompok atas:
No
Nama Siswa
Butir Soal
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Adi
4
4
5
3
5
5
4
5
4
3
42
2
Ahmad
5
5
5
4
5
5
5
5
5
5
49
3
Aziz
5
4
4
4
4
4
3
4
5
4
39
4
Eka
4
5
3
4
4
5
4
5
4
4
42
5
Endah
5
5
4
5
3
5
4
5
5
5
46
Mean
23
23
21
20
21
24
20
24
23
21
218
Mean kelompok bawah:
No
Nama Siswa
Butir Soal
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Maya
5
5
4
4
5
4
5
4
3
4
43
2
Nabila
4
5
5
3
4
4
4
5
4
3
41
3
Risky
5
4
5
5
5
4
5
3
5
5
46
4
Taufik
4
3
4
4
5
5
4
5
4
4
42
5
Zayyan
4
5
5
5
4
5
5
4
4
3
44
Mean
21
22
23
21
23
22
23
21
20
19
216
Daya beda setiap soal dapat diperoleh dengan rumus sebagai beruikut:
DB =   Mean kelompok atas – Mean kelompok bawah
                                    Skor Maksimum
Soal Nomor
Daya Beda (DB)
Keterangan
1
0,16
Kurang Baik
2
0,36
Baik
3
0,40
Sangat Baik
4
0,20
Cukup
5
0,37
Baik
6
0,25
Cukup
7
0,38
Baik
8
0,23
Cukup
9
0,36
Baik
10
0,39
Baik
Keterangan diperoleh dari membandingkan DB dengan kriteria berikut:
a.       0,40 ke atas           = sangat baik
b.      0,30 – 0,39            = baik
c.       0,20 – 0,29            = cukup
d.      0,19 ke bawah       = kurang baik (soal harus di buang)
  1. Analisis Soal Berdasarkan Tingkat Kesukaran Soal
Tingkat kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab benar suatu soal pada tingkat kemampuan tertentu yang biasa dinyatakan dengan indeks. Tingkat kesukaran soal dapat diperoleh dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Tingkat Kesukaran (TK) =    Rata-rata (Mean)
                                                                        Skor maksimum tiap soal
Mengacu pada tabel penilaian siswa di atas, dapat kita hitung tingkat kesukaran soal sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Butir Soal
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Adi
4
4
5
3
5
5
4
5
4
3
42
2
Ahmad
5
5
5
4
5
5
5
5
5
5
49
3
Aziz
5
4
4
4
4
4
3
4
5
4
39
4
Eka
4
5
3
4
4
5
4
5
4
4
42
5
Endah
5
5
4
5
3
5
4
5
5
5
46
6
Maya
5
5
4
4
5
4
5
4
3
4
43
7
Nabila
4
5
5
3
4
4
4
5
4
3
41
8
Risky
5
4
5
5
5
4
5
3
5
5
46
9
Taufik
4
3
4
4
5
5
4
5
4
4
42
10
Zayyan
4
5
5
5
4
5
5
4
4
3
44
Mean
4,2
4,9
3,9
4,2
4,6
4,3
4,1
4,6
4,2
4,4
43,2
Tingkat Kesukaran
0,84
0,98
0,78
0,84
0,92
0,86
0,82
0,92
0,84
0,88
8,64
Keterangan
M
M
M
M
M
M
M
M
M
M
M

Keterangan dapat kita peroleh dengan membandingkan tingkat kesukaran soal yang telah diperoleh dengan kriteria berikut:
a.       0,00 – 0,30            = Sukar
b.      0,31 – 0,70            = Sedang
c.       0,71 – 1,00            = Mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar