A. ANALISIS SOAL (RASIONAL)
Analisis soal dilakukan dengan cara rasional, maksudnya
yaitu soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Berikut ini adalah uraian analisis
soal di atas:
Jawablah pertanyaan berikut ini
dengan tepat!
1. Apa pengertian sholat itu? Jelaskan secara singkat.
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
2.
Perhatikan ayat di bawah ini!
#qßJÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# ÇÍÌÈ
Jelaskan maksud dari arti ayat diatas!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
2
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
3.
Tuliskan Dasar hukum diwajibkannya shalat
yang terdapat dalam firman Allah…
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
3
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
4.Sebutkan Sebutkan hal-hal
yang termaksud sunah hai`at!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
4
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
5. Sebutkan sunah-sunah dalam sholat!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
5
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
6. Sebutkan syarat wajib sholat!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
6
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas
dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
7. Sebutkan rukun-rukun
dalam sholat!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
7
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
8. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan I'tidal dengan
thuma'ninah dalam rukun sholat!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
8
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran
ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
9. Sebutkan hal-hal apa
yang membatalkan sholat!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
9
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
10. Buatlah cerita singkat
tentang perkara yang membatalkan sholat. Jelaskan dan beri alasan!
No Soal
|
Aspek yang ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
10
|
A. MATERI
|
|
|
1. Soal sesuai dengan indikator
|
V
|
|
|
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
3. Isi materi sesuai dengan tujuan tes
|
V
|
|
|
4. Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
kelas
|
V
|
|
|
B. BAHASA
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
2. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
3. Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
4. Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan
jelas dan terbaca
|
V
|
|
|
C. KONSTRUKSI
|
|
|
|
1. Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
3. Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan
penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
4. Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
5. Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta didik
|
V
|
|
B. ANALISIS SOAL(EMPIRIS)
Analisis soal yang kedua dilakukan dengan cara empiris,
yang dilakukan disini adalah dengan menghitung daya beda dan tingkat kesukaran
soal. Untuk menghitung daya beda dan tingkat kesukaran soal di atas, kita
memerlukan hasil penilaian dari soal yang telah diujikan kepada siswa. Berikut
ini adalah hasil penilaian yang diperoleh siswa kelas VII MTS NEGERI 2
SROYO:
No
|
Nama Siswa
|
Butir Soal
|
Jumlah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
Adi
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
42
|
2
|
Ahmad
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
49
|
3
|
Aziz
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
39
|
4
|
Eka
|
4
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
5
|
Endah
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
46
|
6
|
Maya
|
5
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
43
|
7
|
Nabila
|
4
|
5
|
5
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
41
|
8
|
Risky
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
46
|
9
|
Taufik
|
4
|
3
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
10
|
Zayyan
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
4
|
4
|
3
|
44
|
Rentang skor tiap soal = 1-5
Skor maksimaltiap soal = 5
Skor minimal tiap soal = 1
- Analisis Soal Berdasarkan Daya Beda
Berdasarkan tabel penilaian di atas, maka dapat kita
peroleh data untuk menghitung mean kelompok atas dan mean kelompok bawah untuk selanjutnya
menghitung daya beda untuk masing-masing soal.
Mean kelompok atas:
No
|
Nama Siswa
|
Butir Soal
|
Jumlah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
Adi
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
42
|
2
|
Ahmad
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
49
|
3
|
Aziz
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
39
|
4
|
Eka
|
4
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
5
|
Endah
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
46
|
Mean
|
23
|
23
|
21
|
20
|
21
|
24
|
20
|
24
|
23
|
21
|
218
|
Mean kelompok bawah:
No
|
Nama Siswa
|
Butir Soal
|
Jumlah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
Maya
|
5
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
43
|
2
|
Nabila
|
4
|
5
|
5
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
41
|
3
|
Risky
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
46
|
4
|
Taufik
|
4
|
3
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
5
|
Zayyan
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
4
|
4
|
3
|
44
|
Mean
|
21
|
22
|
23
|
21
|
23
|
22
|
23
|
21
|
20
|
19
|
216
|
Daya beda setiap soal dapat
diperoleh dengan rumus sebagai beruikut:
DB = Mean kelompok atas – Mean kelompok bawah
Skor
Maksimum
Soal Nomor
|
Daya Beda (DB)
|
Keterangan
|
1
|
0,16
|
Kurang Baik
|
2
|
0,36
|
Baik
|
3
|
0,40
|
Sangat Baik
|
4
|
0,20
|
Cukup
|
5
|
0,37
|
Baik
|
6
|
0,25
|
Cukup
|
7
|
0,38
|
Baik
|
8
|
0,23
|
Cukup
|
9
|
0,36
|
Baik
|
10
|
0,39
|
Baik
|
Keterangan diperoleh dari
membandingkan DB dengan kriteria berikut:
a. 0,40 ke atas =
sangat baik
b. 0,30 – 0,39 =
baik
c. 0,20 – 0,29 =
cukup
d. 0,19 ke bawah =
kurang baik (soal harus di buang)
- Analisis Soal Berdasarkan Tingkat Kesukaran Soal
Tingkat kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab
benar suatu soal pada tingkat kemampuan tertentu yang biasa dinyatakan dengan
indeks. Tingkat kesukaran soal dapat diperoleh dengan menggunakan rumus sebagai
berikut:
Tingkat
Kesukaran (TK) = Rata-rata (Mean)
Skor
maksimum tiap soal
Mengacu pada tabel penilaian
siswa di atas, dapat kita hitung tingkat kesukaran soal sebagai berikut:
No
|
Nama Siswa
|
Butir Soal
|
JUMLAH
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
Adi
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
42
|
2
|
Ahmad
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
49
|
3
|
Aziz
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
39
|
4
|
Eka
|
4
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
5
|
Endah
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
46
|
6
|
Maya
|
5
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
43
|
7
|
Nabila
|
4
|
5
|
5
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
41
|
8
|
Risky
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
46
|
9
|
Taufik
|
4
|
3
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
42
|
10
|
Zayyan
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
4
|
4
|
3
|
44
|
Mean
|
4,2
|
4,9
|
3,9
|
4,2
|
4,6
|
4,3
|
4,1
|
4,6
|
4,2
|
4,4
|
43,2
|
|
Tingkat Kesukaran
|
0,84
|
0,98
|
0,78
|
0,84
|
0,92
|
0,86
|
0,82
|
0,92
|
0,84
|
0,88
|
8,64
|
|
Keterangan
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
M
|
Keterangan dapat kita peroleh
dengan membandingkan tingkat kesukaran soal yang telah diperoleh dengan
kriteria berikut:
a. 0,00 – 0,30 =
Sukar
b. 0,31 – 0,70 =
Sedang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar